Achilles dan perang troya

Achilles dan perang troya


Sobat sekalian pasti pernah mendengar nama achilles kan? Iyaa nama yang cukup terkenal. Disini juga pasti masih ada sobat yang belum tau siapa sih achilles itu? Memang dia darimana sampai namanya terkenal dalam sejarah? Oke kalau begitu mimin mau cerita sedikit tentang achilles.

Achilles merupakan pahlawan yunani dalam perang troya, ia merupakan anak dari peleus dan thetis. Selama hidupnya,achilles diyakini sebagai manusia setengah dewa,inj dikarenakan ibunya (thetis) merupakan salah satu Nereid. Sejakk kecil achilles dititipkan peleus kepada chiron,chiron merupakan centaurus yang amat bijak. Ketika umur 9 tahun,achilles diramalkan sebagai ksatria yang mampu menembus benteng troya,benteng yang belum pernah tertembus sebelumnya.namun ramalan itu juga mengatakan achilles akan mati muda saat mengikuti perang troya, itulah kenapa alasan achilles menghindari perang troya.

Nahh sobat sekalian sudah tau kan siapa achilles? Okee sekarang kita lanjut tentang perang troya.

Perang troya merupakan salah satu perang besar dalam sejarah yunani kuno. Diperkirakan perang ini terjadi sekitar abad 12 M -13 M.Sebenarnya apa sih penyebab perang troya ini terjadi? Ya dalam cerita, perang ini diawali oleh perbuatan para dewa olympus. Terjadi ketika zeus mengundang semua dewa dewi ke acara pernikahan peleus dan thetis orang tua achilles, kecuali eris (dewi perselisihan). Mengetahui hal itu eris sangat marah sehingga ia datang dalam acara itu secara tiba-tiba. Di tengah acara eris melemparkan sebuah apel yang bertuliskan " untuk yang tercantik. " semua dewi yang menghadiri acara tersebur berebut untuk mendapatkan apel tersebut sehingga memunculkan perdebatan diantara para dewi. Zeus sebagai raja para dewa diminta untuk memutuskan pedebatan ini dengan bijak,akhirnya ia memutuskan untuk tidak memberikan kepada dewi siapa pun. Kemudian zeus memberikan apel tersebut kepada pria tertampan didunia,pangeran paris anak raja priam dari troya. Para dewi pun membujuk paris dengan menjanjikan kemampuannya. Pangeran paris akhirnya memilih tawaran dari aphrodite yang menjanjikan paris akan mendapatkan cinta dari wanita tercantik di dunia.

Tak lama setelahnya, paris dikirim raja priam untuk misi ke yunani. Disana pangeran paris bertemu dengan helen,wanita tercantik di dunia yang merupakan istri dari menelaus raja sparta. Keduanya saling jatuh cinta sehingga membuat paris bertekad menculik helen dan membaaanya ke troya. Mengetahui istrinya di culik, menelaus sangat marah dan membujuk saudaranya Agamemnon untuk memimpin yunani dan menyerang troya. Akhirnya ia melakukan invansi besar besaran dengan mengirim 1.000 kapal menuju troya. Achilles pun terlibat dalam perang ini,ia membawa pasukan terhebatnya myrydon.

Kembali lagi ke achilles, awalnya ia tidak ingin terlibat dalam perang ini namun karena harus mempertahankan negaranya,akhirnya ia pun ikut berperang. Perang troya ini berlangsung sangat lama yaitu selama 10 tahun. Ini disebabkan karena sulitnya benteng troya untuk ditembus pasukan yunani. Disaat salah satu peperangan, patrokolus sepupu dari achilles memakai pakaian perang achilles dan meminpin pasukan myrmydon menyerang pasukan hector hingga ke tembok troya,namun patrokolus berhasil di bunuh oleh pangeran hector. Mengetahui sepupunya mati, achilles sangat marah dan pergi untuk menantang duel hector. Merasa ia tak mampu mengalahkan achilles, hector kabur dengan bekejar-kejaran dengan achilles mengitari tembok troya. Setelah mendapat bujukan athena,akhirnya hector mau bertarung melawan achilles. Achilles mampu mengalahkan hector dengan sangat mudah,lalu ia menyeret mayat hector di belakang kereta kudanya. Malamnya raja priam dari troya mendatangi achilles dan memohon agar mayat hector dikembalikan,melihat keberanian priam achilles pun menyerahkan mayat hector. Karena budaya dari mereka melakukan pemakaman selama 12 hari, maka kedua pihak melakukan genjatan perdamaian selama 12 hari. Selama itu pasukan yunani memikirkan cara untuk menembus tembok troya. Kemudian mereka membuat kuda yang sangat besar yang diisi prajurit yunani untuk membukakan gerbang troya nantinya(kuda trojan)
Kemudian pasukan yunani lainnya bersembunyi di salah satu tebing pantai. Saat pasukan troya melihat pasukan yunani telah meninggalkan pantai,mereka beepikir yunani telah menyerah dan membuat patung kuda tanda menyerah yang digunakan untuk persembahan poseidon. Raja priam pun membawa kuda besar tersebut ke dalam kota troya. Saat malam tiba,pasukan yang didalam kuda tersebut beraksi dengan dipimpin achilles. Mereka berhasil membukakan gerbang untung pasukan yang sedang menunggu diluar dan siap menyerang. Dengan cepat pasukan yunani dapat menguasai kota dan membakar seluruh kota. Achilles yang jatuh cinta pada bryseis putri raja priam, dengan cepat mencari byesis ke dalam istana troya. Saat ia menemukan bryseis ia bertemu dengan pangeran paris yang siap memanah achilles. Paris memanah tepat pada tumit achilles yang merupakan bagian tubuh yang menjadi kelemahan achilles,konon katanya achilles tidak dapat terbunuh kecuali tumitnya.

Achilles pun akhirnya meninggal dan mendapat penghormatan dari prajurit yunani. Setalah perang selesai orang yunani kembali ke negrinya dan banyak juga yang berkoloni untuk menetap disekitar troya.

Ya sobat mungkin perjumpaan kita sampai disini dulu hehe. Semoga ini bisa bermanfaat bagi sobat sekalian :)

Komentar